Subscribe:
-WELCOME TO ANDI GILANG P BLOGSPOT-

Selasa, 06 September 2016

Apa Itu Mekatronika ?

Istilah Mekatronika merupakan terjemahan dari mechatronics, gabungan dari kata mechanic dan electronics. Mekatronika adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika dan kontrol. dunia industri pada awalnya belum didukung sepenuhnya oleh dunia akademik. Perlahan kemudian tuntutan industri mekatronika dapat direspon oleh dunia akademik yaitu dengan didirikannya jurusan mekatronika khusus di beberapa institusi perguruan tinggi di berbagai Negara. Selain pendirian jurusan mekatronika, juga muncul komunitas masyarakat mekatronika dunia yang selalu berusaha bertukar informasi tentang perkembangan rekayasa mekatronik.


Aplikasi Penelitian dan Pengembangan Mekatronika di Indonesia

Jurusan Mekatronika memiliki peluang besar dalam penelitian dan pengembangan Mekatronika di berbagai bidang di Indonesia, diantaranya adalah:
Bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam), contohnya untuk membuat peralatan atau sistem pertahanan dan keamanan yang efesien dan handa.


  1. Bidang Farmasi, contohnya untuk menjaga mutu dan menekan harga produksi obat
  2. Bidang Transfomasi, misalnya untuk menciptakan alat atau sistem transportasi yang hemat energy dan ran ramah
  3. lingkungan
  4. Bidang manufaktur

3 komentar:

  1. Replacement earrings for men - TITanium Arts
    TITanium® everquest: titanium edition is a titanium-art-grade earrings manufactured by titanium properties Tenderloin with a titanium car solid core. titanium rings The Tenderloin is titanium shift knob made with a platinum core.

    BalasHapus